google translate

[ Get Google Translate ]

Monday 22 August 2016

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka

Pengguna Android pastinya sudah tak asing lagi dengan yang namanya Google Play Store. Buat anda yang belum tahu, Google Play Store adalah sebuah layanan yang dikembangkan oleh Google untuk mempermudah pengguna Android dalam mendapatkan aplikasi dan game.
Jadi Google Play Store juga bisa dikatakan sebagai market aplikasi dan game terbesar untuk pengguna Android. Saat ini Play Store tak hanya menyediakan aplikasi dan game, baik yang gratis maupun yang berbayar, namun juga ebook. Pengguna Android bisa mendapatkan ratusan, bahkan ribuan ebook menarik tanpa ribet.
Bicara soal Google Play Store, banyak pengguna Android yang mengeluh terkait masalah yang terjadi pada layanan tersebut. Salah satunya adalah Play Store tidak bisa dibuka. Ya, kadang kala pengguna Android kesulitan saat ingin mendownload aplikasi dan game karena layanan Play Store tidak bisa dibuka.
Lantas bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Jangan kawatir, kali ini monthlytech.com akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai cara mengatasi Play Store yang tidak bisa dibuka. Penasaran? Simak baik-baik ulasan lengkapnya berikut ini.
  1. Pertama-tama tentunya siapkan perangkat Android anda
  2. Setelah itu buka menu “pengaturan” atau “settings”
  3. Masuk ke “manajer aplikasi” / “apps”
  4. Setelah itu klik tab “semua”
  5. Selanjutnya klik reset preferensi aplikasi
  6. Keluar dari menu setting
  7. Buka kembali Google Play
Nah, sampai di sini seharusnya Google Play Store yang ada di perangkat Android anda sudah normal dan bisa dibuka kembali. Namun apabila cara tersebut masih belum berhasil, anda bisa melakukan clear data aplikasi Google Play Store. Berikut caranya.
  1. Pertama-tama masuk ke menu “pengaturan” atau “settings”
  2. Setelah itu cari dan klik “aplikasi” atau “apps”
  3. Klik tab “semua aplikasi”
  4. Cari dari klik Google Play Store
  5. Setelah itu klik “hapus data” atau “clear data”
  6. Jangan lupa lakukan clear cache
  7. Keluar dari menu settings
  8. Buka kembali Google Play Store
Bagaiman sangat mudah bukan? Cara tersebut dilakukan untuk mereset sistem yang ada di Google Play Store agar kembali berjalan seperti semula. Namun apabila kedua cara tadi masih belum juga berhasil, berarti ada masalah lain yang menyangkut sistem Android anda.
Cara termudah mengatasinya adalah dengan melakukan factory reset ataupun flash ulang perangkat Android. Namun sebelum melakukan factory reset ataupun flash ulang, pindah atau backup data terlebih dahulu. Karena factory reset atapun flash ulang akan membuat data yang tersimpan di memori internal akan hilang.
Selamat mencoba dan semoga berhasil. Lakukan semua langkah tadi dengan hati-hati agar tidak merusak perangkat Android yang anda miliki.

No comments:

Post a Comment